INFORMASI MOBIL LISTRIK SURABAYA

Seiring dengan perkembangan zaman telah mulai bermunculan mobil listrik yang beraneka jarak tempuh dan perbedaan harga  juga fitur yang tersemat di dalamnya. Di kota Surabaya telah mengaspal mobil listrik dengan dua tipe yaitu wuling air ev standar Range 200 km dan Air Ev long range 300 km. Setiap tipe mempunyai kelebihan masing masing baik harga maupun dari fitur yang tersemat di kedua mobil listrik tersebut. 

Lalu pertanyaan muncul,apa itu mobil listrik atau apa Pengertian atau definisi mobil listrik .  Mobil listrik adalah kendaraan yang sepenuhnya atau sebagian yang digerakkan oleh motor menggunakan listrik di baterai.  Baterainya dapat dicharge  / diisi ulang dimana saja sesuai berapa Watt yang dibutuhkan. Untuk Mobil listrik pada awalnya  diproduksi tahun 1880-an yang lalu.

 

>Mobil listrik ini sangat populer akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 an. Kemajuan serta inovasi mesin pembakaran internal (internal combustion engine–ICE), selanjutnya produksi massal kendaraan bensin yang lebih murah meriah  yang menyebabkan penurunan penggunaan mobil listrik.

Kemajuan pertumbuhan teknologi sistem penyimpanan energi khususnya teknologi baterai mobil ini, membuat penggunaan kendaraan listrik menjadi populer akhir akhir ini.
Istilah “Electro mobility “(E-mobility) adalah istilah yang umum untuk pengembangan transportasi bertenaga listrik yang beralih dari penggunaan bahan bakar fosil, dan bertujuan mengurangi emisi gas karbon. Keunggulan utama E-Mobility ini adalah efisiensi yang semakin sangat tinggi dengan emisi karbon yang rendah.

Mobil listrik (Electric Vehicle) (EV) sangat memungkinkan menjadi salah satu alternatif dalam pengelolaan energi yang berkelanjutan dimasa mendatang. Electric  Vehicle  merupakan kendaraan yang menggunakan aliran listrik 100 persen menggunakan baterai elektrik yang perlu diisi ulang (re charge). Selain mobil listrik, ada kendaraan hybrid dan plug in hybrid.

Tingkat efisiensi kendaraan listrik terlihat dari emisi CO2 yang dihasilkan. Tingkat efisiensi EV dari ketiga jenis E-mobility diatas ditunjukkan oleh perbandingan sebagai berikut:
>Kendaraan Hybrid, menggunakan mesin konvensional dan tidak memiliki plug in charging pada mobilnya dan masih menggunakan bahan bakar petrol .
>Kendaraan hybrid menghasilkan listrik melalui passive charging pada mesin konvensional. Estimasi Emisi karbon CO2 yang dihasilkan antara 70-80 gram/km.

Kendaraan plug in Hybrid, merupakan kolaborasi antara mesin konvensional dengan small electric motor dan small high voltage battery. Artinya kendaraan ini bisa menggunakan bahan bakar petrol, namun juga menggunakan baterai estimasi Emisi karbon CO2 yang dihasilkan antara 45-50 gram/km.

Perkembangan  mobil Hybrid dan mobil listrik  tidak hanya sampai disini, keduanya terus berkembang menjadi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Kendaraan dengan teknologi PHEV mendapatkan dua sumber tenaga yaitu bahan bakar minyak dan listrik. Berbeda dengan mobil hybrid, PHEV mendapatkan asupan daya battery melalui pengisian daya yang dihubungkan secara langsung ke sumber listrik seperti Electric Vehicle. Namun teknologi ini juga masih menggunakan mesin konvensional. Pada saat tertentu, kedua sumber energi tersebut dapat bekerja bersamaan sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Malaupun EV  (mobil listrik) memiliki beberapa manfaat potensial seperti yang telah dijelaskan di atas, namun penggunaan mobil listrik secara meluas memiliki aneka hambatan dan kekurangan. Sampai di tahun 2011, harga mobil listrik masih jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran biasa dan kendaraan listrik hybrid karena harga baterai ion litium yang lumayan mahal.

Malaupun demikian, kondisi saat ini harga baterai mulai turun karena mulai diproduksi dalam jumlah yang lebih besar. Faktor lainnya yang menjadi kendala tumbuhnya penggunaan mobil listrik yaitu sedikitnya stasiun pengisian untuk mobil listrik (SPKLU) Stasiun pengisian kendaraan listrik umum), adanya kecemasan / ketakutan pengendara akan habisnya isi baterai mobil listrik sebelum mereka sampai di tempat tujuan. Beberapa pemerintah di beberapa negara  sudah menerbitkan  insentif dan aturan untuk menanggulangi masalah tersebut, tujuannya untuk meningkatkan proses penjualan mobil listrik, untuk membiayai pengembangan teknologi mobil listrik sehingga harga baterai dan komponen mobil bisa semakin efektif dan efisien.

Amerika Serikat telah meluncurkan dana hibah US$2,4 miliar untuk pengembangan mobil listrik dan komponen baterai. Pemerintah China juga mengatakan bahwa mereka akan menyediakan dana  US$15 miliar untuk memulai industri mobil listrik di negaranya. Di beberapa negara juga telah menerbitkan kredit pajak, subsidi dan insentif lainnya untuk mengurangi harga mobil listrik dan mobil plug-in ini.

Di Indonesia sendiri, April 2012 pemerintah kucurkan 100 miliar rupiah untuk riset mobil listrik Lalu pada Juni 2013 pemerintah tegaskan mobil listrik bebas pajak. Dan kemudian Juni 2013 Zbee dari Swedia resmi membuka pabrik mobil listrik dengan nama PT. Lundin Industry, di Kota Banyuwangi, Jawa Timur Indonesia, dan target produksi minimal 100.000 unit per tahunnya. Banyak orang berminat untuk memiliki mobil listrik (electric vehicle/EV)ini karena  lebih irit dan ramah lingkungan . ketersediaan infrastruktur pengisian daya, jangkauan kendaraan, dan harga masih menjadi pertimbangan utama dari masyarakat saat ini.

Didampingi itu, sarana pengisian bahan bakar kendaraan listrik ini pun masih menjadi problem yang harus segera dicarikan solusinya. Kita  berharap semoga perkembangan fasilitas ketersediaan SPKLU semakin bertambah.

Mobil listrik adalah salah satu alternatif yang bijak dalam mengurangi pencemaran udara yang semakin tidak terkontrol lagi dan kurang sehat, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi berbahan bakar BBM dan mengganti dengan listrik merupakan solusi yang tepat.

Di Indonesia saat ini  akhir tahun 2022 kita bersyukur sudah hadir mobil listrik wuling dengan harga mulai 200 jtan hingga 300 jtan dan juga kendaraan listrik dari Hyundai.

Semoga kedepannya mobil listrik bertambah juga fasilitas pengecasan dengan harga bersaing yang menguntungkan bagi masyarakat Indonesia tentunya.

Informasi seputar mobil Wuling motors Area Surabaya Jawa Timur; harga terbaru, Paket kredit, promo wuling sekarang silahkan hubungi nomor kontak konsultan mobil Wuling berikut ini:

https://wa.me/+6281249754778

 

BACA JUGA : PERBEDAAN WULING AIR EV STANDARD RANGE 200KM DAN AIR EV LONG RANGE 300KM